0

Apa sih Alter Ego Disorder itu?

Apa sih Alter Ego Disorder itu?

Pasti beberapa dari kalian belum tahu, atau malah kaya masih asing yakan di telinga?
nih, gue bakalan bahas apa itu Alter Ego, banyak yang bilang kalo itu adalah kepribadian ganda, dan Yap, benar. Tapi, beda loh ya sama Bipolar, walau rada mirip dikit. 

Dalam bahasa Latin, Alter Ego artinya, "Aku yang lain". Udah konek? kalo belum, simak nih,

So, Alter Ego itu keadaan dimana seseorang membentuk karakter lain atau beda pada dirinya secara sadar, biasanya apa yang ia inginkan atau dia idam-idamkan. Penyebabnya sih banyak, ada yang karena trauma pada masa lalunya yang kelam, atau dia punya ketakutan yang besar. Dan biasanya nih, orang yang ngidap penyakit ini, sifat alter egonya bertolak belakang dengan sifat asli dia. Kaya misal, lu orangnya gratakan, bisa jadi si alter ego di tubuh lu sifatnya pendiem.

Orang yang ngidap atau yang punya alter ego biasanya pada ga sadar, tapi ada juga sih yang sadar. Biasanya yang sadar itu, dia kuat atau sudah bisa mengendalikan alter egonya. Malah tuh mereka bisa aja ngobrol. Kaya gila ya? padahal engga kok, cuma kelainan (iyain). Dan oiya, ga semua dari mereka berbahaya yang punya kelainan ini. Walaupun tetep kalau kalian punya temen, saudara yang mengidap harus tetap berhati-hati.

Contoh dari Alter Ego ini adalah Anu (sebutannya) dia cewek yang pendiem, cuek, dan jarang bergabung sama teman-temannya. Dia begitu karena punya masa lalu yang kelam, misalnya di bully. setiap kali ia ingat itu, selalu benci dan kembali depresi. Tanpa ia sadari, ia selalu menjadi ketawa-tawa sendiri, di sekolah dia jadi rusuh, heboh dan sebagainya. Dia sadar, tapi tidak bisa mengendalikannya. 

Mirip-mirip gitulah ya, dan oiya ciri-cirinya seperti ini: 

1. Emosinya tidak stabil

2. Perilakunya berbeda-beda

3. Gangguan dipersonality

4. Panik (panique)

5. Terkadang penderita lupa atau tidak sadar kalo Alter Egonya kambuh

Barang kali, ada yang sifatnya mirip-mirip begini, dan kalo ngerasa punya Alter Ego, gosa panik banget dan jadi aneh gitu ya, tar lu ga punya temen '-')/ (kaya gua)

beberapa cara mengetasi Alter Ego:

1. Kontrol muka! eh salah Kontrol emosi!

2. Jangan begadang mulu, atau tidur malem mulu. 

3. Jadi orang yang percaya diri aja!

4. Jangan banyak aktivitas yang bikin kecapean, karena dapat mempengaruhi mood kalian! 

Nah itulah penjelasan (yang sangat gajelas tentunya) tentang Alter Ego, btw apa dari kalian ada yang ngidap ini?

Sumber: Alodokter

0 komentar:

Posting Komentar